5 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

cara meningkatkan konsentrasi

 

Melaksanakan sesuatu yang rumit, entah itu proyek kantor atau tugas akhir di kampus, butuh tingkat fokus yang sungguh-sungguh tinggi.

Melainkan tidak jarang pikiran dapat buyar segera dikala teralihkan barang sejenak saja — oleh group chat yang tiba-tiba ramai bergosip, atau iseng mengusir kebosanan dengan scroll timeline FB/Twitter yang berlanjut sampai berjam-jam.

Kesudahannya, profesi yang mesti dapat selesai ideal waktu, jadi tertunda dan dibawa lembur.

Jangan jadikan menunda profesi sebagai suatu tradisi. Berikut kiat yang dapat Anda contek untuk meningkatkan fokus dan cara meningkatkan konsentrasi berprofesi hingga rampung.

Buat Anda yang menyukai gagal konsentrasi pada satu profesi atau hal lainnya,

Berikut ialah 5 kiat meningkatkan fokus dan metode konsentrasi yang dapat Anda coba.

 

1. Coba menyendiri

Salah satu trik meningkatkan fokus dan metode konsentrasi berprofesi ialah dengan menyendiri, bertujuan untuk menghindari dan melalaikan gangguan di sekitar.

Anda dapat melakukan tugas di perpustakaan, kamar, atau lokasi lain yang dapat mencegah fokus Anda buyar.

Atau, pasang headset dengan musik unggulan sebagai petunjuk bagi orang sekitar bahwa Anda tidak dapat dan tidak berharap diganggu.

Hal lain yang perlu diingat, tak seluruh gangguan bersifat eksternal (dari orang lain).

Dapat jadi, penghilang konsentrasi Anda disebabkan rasa letih, khawatiran, khawatir, dan semangat kerja yang buruk.

Apabila telah seperti ini, ada bagusnya Anda beristirahat sebentar guna meningkatkan konsentrasi kerja yang berharap ditempuh.

Itulah mengapa hakekatnya penting bagi karyawan kantoran untuk tidur siang, barang 15 menit saja sebelum kembali berprofesi sesudah makan siang

 

2. Kenali hal apa yang acap kali membikin Anda tak konsentrasi

Sebelum mulai berusaha meningkatkan fokus berprofesi, ada bagusnya Anda cari tahu dahulu hal apa yang membikin Anda menyukai susah konsentrasi.

Umpamanya, Anda menyukai tak bendung untuk nonton video lucu di Youtube atau ngintip timeline Twitter selama jam kerja cuma sebab tidak berkeinginan tertinggal isu terkini.

Untuk memecahkan hal ini, Anda dapat menginstall extension atau aplikasi khusus untuk browser dunia maya Anda yang dapat mengeblok website-website opsi Anda dalam rentang waktu tertentu, yang dapat Anda tentukan sendiri.

Misalnya ialah StayFocusd dan Block and Focus (extension untuk Chrome), SelfControl (apps untuk pengguna Mac), Cold Turkey (apps untuk pengguna Windows dan Mac), dan Rescue Time (apps untuk pengguna Windows, Android dan Mac).

Atau, Anda menyukai terbuyarkan fokusnya gara-gara dering group chat di hape yang tidak pernah stop? Anda dapat mute sementara grup yang bawel, ubah ke mode silent, atau tak tanggung-tanggung: mode airplane. Simpan handphone Anda di ransel supaya tidak timbul godaan untuk bolak-balik cek hape.

 

3. Tenangkan pikiran

Salah satu metode terbaik untuk meningkatkan fokus dan metode konsentrasi Anda ialah dengan meditasi.

Para periset menemukan bahwa rutin latihan meditasi selama 8 pekan bisa mempertajam otak dan daya ingat, terutamanya bagi anda yang susah fokus.

Kecuali meditasi, mencoba teknik pernafasan juga termasuk ampuh untuk memfokuskan pikiran pada hal-hal yang dituju.

Mulailah dengan menarik nafas dalam-dalam sambil memfokuskan perhatian pada tiap nafas yang Anda hirup dan hembuskan pelan.

Apabila pikiran Anda mulai memencar tak konsentrasi, fokuskan lagi pikiran pada latihan nafas yang Anda lakukan. Lakukan berulang supaya memperoleh hasil yang optimal.

 

4. Konsentrasi dahulu pada satu kerjaan

Kadang, gagal konsentrasi dapat jadi disebabkan sebab Anda multitasking. Meskipun kelihatannya tepat sasaran sebab Anda dapat melakukan 1001 hal cuma dengan kedua tangan, hakekatnya kerja otak malahan jadi amburadul sebab dipaksa konsentrasi pada hal yang berbeda.

Jadi, ada dua daya ingat yang sedang berkompetisi di dalam otak Anda, yakni daya ingat profesi pertama dan daya ingat profesi kedua.

Ketika ini terjadi, tak jarang sinyal di otak jadi bertabrakan dan alhasil otak malahan memberikan tanggapan yang salah sehingga konsentrasi Anda gampang teralihkan dan rentan mengerjakan kekeliruan di antara kedua profesi hal yang demikian.

Apabila Anda dipertemukan dengan dua-tiga kerjaan di satu waktu, cobalah untuk membatasi prioritas: mana yang lebih penting dan mendesak untuk diatasi, mana yang dapat dilakukan nanti dahulu sebab deadlinenya juga masih agak lama.

 

5. Pikirkan masa sekarang, bukan masa lalu atau masa depan sekalipun

Fokus dan metode konsentrasi berprofesi dapat menurun dikala Anda malahan merenungkan kekeliruan di masa lalu atau mengkhawatirkan gol proyek ini di masa depan, atau malah membayangkan hal-hal lain yang belum tentu akan terjadi.

Ada bagusnya Anda konsentrasi dengan dikala kini ini. Latih pikiran untuk terus memikirkan apa yang ada di depan Anda dan butuh untuk diatasi. Apabila itu telah selesai, barulah Anda dapat memikirkan hal lainnya.

 

Sumberhttps://www.brainfit.co.id/