Sistem Gampang Menghitung Keperluan Warna Cat

keperluan warna cat

Ketika akan mengecat rumah, bukanlah hal yang gampang memastikan berapa banyak keperluan cat untuk ruangan yang akan dicat. Pasalnya, apabila kekurangan, ada kalanya keperluan cat yang sama tak lagi tersedia atau susah mencarinya lagi. Sebaliknya apabila berlebih, sayang dibuang dan berujung pemborosan.

Seperti dikutip dari Katalog, supaya permasalahan hal yang demikian tidak menimpa Anda, berikut sistem gampang menghitung berapa volume cat yang diperlukan untuk ruangan Anda.

Pertama, hitung luas permukaan bidang dinding atau tembok yang akan dicat. Semisal ada empat bidang dinding yakni dinding putih dengan luas 4×5 meter sebanyak dua sisi sama dengan 40 m2. Kemudian dinding merah 3×5 meter yang juga sebanyak dua sisi sama dengan 30 m2. Jadi sempurna dinding ialah 70 m2.

Kedua, tambahkan dengan luas bidang plafon 3×4 meter sama dengan 12 m2. Sehingga sempurna luas bidang dinding dan plafon sama dengan 70 m2 ditambah 12 m2 sama dengan 82 m2.

Ketiga, kurangi dengan luas pintu dan jendela apabila di ruangan hal yang demikian terdapat jendela. Contohnya luas pintu 2×0,5 meter sama 1 m2. jadi, sempurna luas bidang dinding dan plafon dikurangi oleh luas pintu. Sehingga 82 m2 dikurani 1 m2 sama dengan 81 m2. Itulah luas bidang yang akan dicat.

Terakhir, luas bidang yang akan dicat dibagi dengan tenaga sebar cat per liter. Semisal, satu galon Dulux Pentalite mempunyai tenaga sebar teoritis 12 m2 dengan dua lapis pengecatan. Karenanya jumlah cat yang diperlukan secara teoritis yakni sempurna luas bidang yang akan dicat, dibagi tenaga sebar teoritis dikalikan dengan jumlah lapis pengecatan. Yakni, 81 m2 dibagi 12 dikalikan dua sama dengan 13,5 liter atau enam galon. Selamat berhitung!